Diberdayakan oleh Blogger.

Kenali Tanda Tanda Ketidaksuburan Pria dan Wanita

 
Dianggarkan 1 dari 8 pasangan harus menghadapi ketidaksuburan atau kemandulan. Salah satu tanda pasangan tidak subur adalah tidak bisa merasakan hamil walau melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi selama 6-12 bulan.

Berikut ini adalah tanda-tanda ketidaksuburan atau kemandulan antara lain:

1.Haid yang tidak teratur atau tidak haid

Pada wanita, salah satu tanda ia tidak subur adalah haidnya tidak teratur atau bahkan tidak mendapat haid. Ini bermakna, tubuh tidak menghasilkan sel telur.

Untuk menjaga agar haid teratur, diperlukan kerjasama antara kelenjar pituitari dan hipotalamus di otak, dan ovari. Bila kerjasama itu tidak berlaku, kemungkinan dalam tubuh ada gangguan hormon.

2.Nyeri haid yang berat

Antara 5-10 persen wanita yang tidak subur mengalami pendarahan haid yang cukup banyak. Salah satu penyebabnya adalah fibroid di rahim. Sementara itu, nyeri haid yang berat dapat menandakan adanya endometriosis, keadaan yang juga mencetuskan sulit untuk hamil.

3.Gangguan penglihatan

Bila penglihatan periferal (tepi) anda kabur, anda tiba-tiba mengalami kebingungan, atau haid tidak teratur, itu merupakan gejala dari prolactinoma atau tumor nonkanker di kelenjar pituitari, yangdapat memberi efek pada kesuburan.

Kelenjar pituitari membuat hormon perangsang folikel yang mengatur ovari dan pengeluaran sel telur (FSH), seperti dikutip dengan health.kompas.com. Letak kelenjar ini di otak berhampiran dengan saraf optik. Oleh karena itu, prolactinoma boleh menekan saraf optik dan juga sel yang membuat FSH.

4.Banyak bulu di badan

Perhatikan apakah ada banyak bulu di wajah atau bahagian tubuh lain. Hal tersebut bisa menandakan gangguan hormon yang dikenal dengan nama sindrom ovari polisistik.

5.Libido rendah dan fungsi seks terganggu

Lelaki yang kehilangan libido, susah menjaga pendirian ereksinya, atau bisa juga mengalami gangguan ejekulasi, ada bengkak di bagian testisnya, yang bisa mengalami gangguan kesuburan.

6.Kegemukan

Hampir 55 persen wanita yang kegemukan atau obesiti sebelum hamil, dan kelebihan berat badan ini akan membuatnya sukar untuk hamil.

Walau begitu, wanita yang terlalu kurus, berolahraga secara berlebihan, atau seorang atlet, dan mengalami gangguan haid, juga dapat mengalami kesukaran hamil.

7.Nyeri saat bercinta

Bila hubungan seks anda tidak memuaskan akibat rasa sakit yang dirasakan, penyebabnya adalah vagina yang terlalu kering. Keadaan ini dapat disebabkan karena kekurangan estrogen gejala menopause.

8.Rambut menipis

Gangguan tiroid boleh menyebabkan rambut menipis atau gugur. Gangguan pada hormon ini juga mempengarui pematangan sel telur.

9.Kekurangan vitamin D

Jangan anggap remeh vitamin D, terutama pada pasangan yang sedang menantikan momongan kerana kekurangan vitamin ini boleh membuat kehamilan sukar diraih.

Itlah yang menjadi tanda-tanda ketidaksuburan pada pria dan wanita. Untuk mengatasi masalah ketidaksuburan pada wanita, ada beberapa Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita. Semoga ini bisa bermanfaat:))

0 Responses to “Kenali Tanda Tanda Ketidaksuburan Pria dan Wanita”

Posting Komentar